Wednesday, February 20, 2013

B.8 Pengertian Primary Dan Secondary Group Dalam Kelompok Sosial


Primary group atau kelompok utama merupakan wadah bagi seseorang untuk mengeahui orang lain secara intim secara pribadi. Orang melakukanya lewat kontak secara langsung, bersifat pribadi dan intim secara luas.
Kelompok primer merupakan kelompok kecil yang agak langgeng (permanen) yang berdasarkan saling kenal-mengenal secara pribadi diantara sesama anggotanya. Hubungan sosial cenderung cersifat informal dan rileks,misalnya : keluarga,teman akrab (sepermainan),klik dan semisalnya.
Secondary group ialah kelompok yang antar hubungan sosial anggota-anggotanya tidak bersifat intim,tidak saling,tetapi didasarkan atas kepentingan dan tidak secara luas. Kelompok sekunder ini terdiri dari banyak orang,sehingga hubungan sosial diantara mereka tidak usah didasarkan atas pengenalan secara pribadi dan tidak perlu intim. Kategori ini berwujud organisasi-organisasi kerja sama yang didasarkan kepada perhitungan-perhitungan tertentu serta untung rugi,kurang memperhitungkan pada bentuk-bentuk kekeluargaan yang didasarkan atas kasih saying seperti pada kelompok persahabatan,misalnya pada masyarakat modern.
Pengertian tentanng kelompok primer dan skunder penting karena perasaan-perasaan dan tingkah laku (behavior) itu berbeda-beda. Dalam kelompok primer,kepribadian seseorang dibentuk. Disini ditemukan keintiman,simpati,kegiatan,serta keinginan (minat) yang bermacam-macam. Pada kkelompok sekunder,seseorang mendapatkan satu mekanisme yang efektif untuk mencapai tujuan yang pasti,tetapi jarang seseorang menekankan kepad perasaan yang berharga.
Sebenarnya,baik kelompok primer maupun sekunder keduanya saling isi-mengisi dan melengkapi,dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kelompok sekunder tentu didasarkan pada kelompok primer,kedua hal itu bukanlah terpisah secara extrim.

No comments:

Post a Comment